6.12.08

10 Fitur Tambahan Google Earth Yang Menakjubkan



Sering kali kita tidak membawa payung atau justru membawa payung di saat hari cerah karena ramalan cuaca yang dilakukan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) salah. Untuk itu, bagaimana jika anda sendiri yang melakukan ramalan cuaca? Forum Google Earth yang disebut “Glooton” menciptakan sebuah link yang memungkinkan anda mengecek sendiri kondisi cuaca. Data tersebut akan ditampilkan pada Google Earth dan bisa menelusuri jejak dan posisi dari setiap badai dan angin topan pada seluruh planet ini. Data akan diperbaharui setiap 10 menit dan memungkinkan siapapun dengan PC bisa memiliki peramal cuaca pribadi.

Jutaan Foto dalam Satu Tempat

Beberapa kamera canggih (seperti Nikon Coolpix P6000) telah memiliki radio GPS di dalamnya yang secara otomatis bisa menangkap data lokasi di mana foto tersebut diambil dan melalui Google Earth anda bisa memulai membangun sebuah dunia yang penuh dengan foto-foto.

Google Earth menggunakan beberapa cara yang berbeda untuk mengeksplorasi fotografi. Salah satunya adalah, rekan dari Metal Toad Media telah mengambil seluruh katalog dari situs Flickr dan mengimplementasikannya sebagai Google Eart-compatible feed. Anda bisa melihat pengguna meng-upload foto Grand Canyon dan secara virtual akan muncul pada peta. Bulan Agustus lalu, Flickr menambahkan “3,2 juta gambar yang sudah diberikan label”, yang bisa anda lihat melalui Google Earth.

Saksikan Pemanasan Global Beraksi

Salah satu tantangan tersulit bagi para ahli iklim adalah meyakinkan beberapa orang kalau masalah pemanasan global sudah terjadi. Data iklim memang sangat sulit untuk divisualisasikan, dan untuk banyka orang, data berupa tabel tidak cukup meyakinkan untuk mengkomunikasikan masalah tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Google Earth untuk menampilkan data dengan cara yang mudah dimengerti. The National Snow and Ice Data Center (NSIDC) telah menciptakan file Google Earth berupa serentetan animasi yang mewakilkan lumernya es di Antartika pada musim panas. Diperbaharui harian, fitur ini memungkinkan anda melihat perubahan konsentrasi es dan laut dalam periode tertentu. Coba saja anda bandingkan data tahun ini dengan data mulai dari tahun 1979 yang lalu, maka anda akan melihat adanya perubahan.

Kota Anda dalam Bentuk 3 Dimensi

Dari pada membuat foto, film, atau hal lainnya tentang bagian dari planet ini, beberapa orang lebih memilih menghabiskan waktu untuk membuat model 3D dari semua bangunan nyata yang ada di dunia ini untuk menambahkan fitur Google Earth. Google mendukung pemerintah lokal dan universitas-universitas untuk menghasilkan model 3D dari kota dan kampus. Bagi yang tidak memiliki sumber daya cukup, Google menyediakan software SketchUp, yang sangat mudah digunakan bagi siapapun yang ingin menciptakan model 3D dari rumah, sekolah, kantor, gubuk, bahkan rumah pohon. Google Earth 3D Warehouse akan menampilkan model-model yang telah dibuat, dan model buatan anda mungkin bisa dipilih untuk menjadi bagian dari 3D warehouse milik Google Earth.

Saksikan Langsung Orbit Satelit-Satelit

Kadang-kadang kita suka memikirkan tentang ribuan satelit yang terbang di atas kepala kita, mentransmisikan sinyal komunikasi, televisi, bahkan mengintip segala kegiatan kita sehari-hari. Database openAPRS menelurusi lokasi terbaru dari ratusan satelit melalui Google Earth, sambil mengelompokkan mereka ke dalam kategori seperti: radio amatir, posisi global, cuaca, bahkan satelit militer.