26.12.08

Memanfaatkan Google untuk menghitung jarak

Google Earth lebih mudah digunakan misalnya untuk menghitung jarak tempuh atau menghitung jarak dari satu tempat ke tempat lain.

Manfaatnya tentu sangat besar. Misalnya anda ingin menghitung jarak tempuh terpendek dari 2 rute berbeda. Contoh anda memiliki 2 alternatif jalan, dan ingin menghitung rute mana yang paling dekat. Atau anda suka berolahraga, dan ingin menghitung berapa sebenarnya jarak yang anda tempuh ketika berlari.

Banyak sekali manfaat yang dapat diterapkan untuk menghitung sebuah jarak, dan perhitungan data dari Google Earth lebih tepat karena mengunakan gambar nyata via Satelit.

Contoh dibawah ini adalah untuk menghitung berapa kilometer antara titik awal di Senayan sampai Bundaran HI di kota Jakarta.

Caranya dibawah ini

Arahkan Software Google Earth ke kota yang dituju, misalnya Jakarta. Lalu ambil titik awal perhitungan jarak. Misalnya titik awal berada di daerah senayan. Perbesar ukuran map di Google Earth, ikuti langkah dibawah ini.

  • Click pada bagian pengaris atau Rules.
  • Akan tampil satu pop Windows, dan pilih Path
  • Dan pilih satuan jarak, seperti KM.

Pada Cursor software Google Earth akan berubah menjadi CrossHair atau tanda +. Mulailah melakukan tick melalui mouse untuk panjang jalan yang akan dihitung.

Selesai Click 2 kali maka jarak garis dari rute yang anda buat akan tampil membentuk garis rute dari software Google Earth. Dan perhatikan berapa jarak dari rute yang telah anda buat dan Google Earth akan menampilkan jarak dalam satuan KM.