6.12.08

Lebih jauh dengan Google Maps

Apakah Google Maps hanya untuk petunjuk alamat atau arah suatu tempat. Banyak sekali manfaat dari penemuan Google yang dapat dimanfaatkan bagi penguna internet. Antara Google Earth dan Google Maps sebenarnya memiliki fitur yang sama yaitu sebagai pemberi petunjuk suatu arah pada peta dunia.

Pemakaian Google Earth misalnya, dapat dikombinasikan dengan perangkat GPS. Penguna GPS dapat mempublikasikan atau memberikan informasi kepada orang lain dari sebuah perjalanan atau jalur yang telah dilalui. Bisa juga dijadikan rencana perjalanan anda sendiri yang digambarkan pada titik titik peta Google Earth lalu memasukan datanya ke perangkat GPS. Sehingga didalam perjalanan, anda tidak akan tersesat walaupun anda tidak pernah mengunjungi tempat yang dituju.

Untuk Google Maps memiliki fitur lebih sederhana, tetapi dapat juga dikombinasikan dengan GPS. Karena Google Maps dapat menerima file KML yang telah dikonversi dari file GPX yang digunakan untuk GPS. Nantinya seseorang yang telah memiliki data perjalanan dari titik titik yang terekam oleh alat GPS, dapat merubah titik titik perjalanannya ke format KML untuk dibaca ke tampilan Google Maps.

Bila seseorang memiliki blog atau situs khusus untuk perjalanan dan ingin memberikan perjalanannya dan mempublikasikan kepada orang lain. File KML dapat disimpan pada situsnya dan orang lain dapat langsung membaca ceirita kemana saja arah yang telah dibuat oleh orang lain melalui Google Maps.

Setidaknya dengan artikel ini anda dapat membuat peta sederhana melalui pencitraan satelit, sehingga rekan lain dapat melihat arah yang telah anda buat. Serta dapat melihat lebih lanjut atau mengembangkan untuk fungsi lain seperti memberikan gambaran dari alamat tempat usaha, tempat yang perlu dikunjungi atau sekedar alamat rumah atau kantor anda sendiri