6.12.08

Mengukur Jarak dan Luas

Google Earth menawarkan sejumlah alat yang dapat digunakan untuk mengukur jarak dan menghitung luas. Tergantung pada versi Google Earth yang digunakan, Anda memiliki akses ke alat pengukur sebagai berikut:

  • Mengukur dengan garis atau jalur (semua versi Google Earth)
  • Mengukur dengan radius lingkaran atau poligon (Google Earth PRO)

Gunakan jendela Pengukur (menu Alat) untuk mengukur panjang, luas, dan keliling sebagai berikut:

  1. Tempatkan pencitraan yang akan diukur pada penampil 3D, kemudian pastikan Anda melihat bumi secara vertikal (jenis U) serta menonaktifkan dataran untuk keakuratan terbaik. Pengukuran dihitung menggunakan koordinat lintang/bujur titik demi titik, tanpa mempertimbangkan ketinggian.
  2. Dari menu Alat, pilih Pengukur. Kotak dialog Pengukur akan ditampilkan. Coba pindahkan kotak dialog ke bagian layar yang tidak menghalangi penampil 3D.
  3. Pilih jenis bidang yang akan digunakan untuk mengukur. Semua versi Google Earth dapat mengukur dengan Garis atau Jalur. Pengguna Google Earth PRO juga dapat melakukan pengukuran menggunakan poligon atau lingkaran.
  4. Pilih satuan ukuran panjang, garis keliling, luas, radius, atau keliling, jika ada. Lihat tabel di bawah ini untuk daftar satuan ukuran yang didukung.
  5. Klik penampil 3D untuk menetapkan titik awal bidang, kemudian terus klik hingga garis, jalur, atau bidang mengukur kawasan yang diinginkan. (Untuk lingkaran, klik bagian tengah, kemudian tarik untuk membuat lingkaran.)

    Titik merah menunjukkan titik awal bidang dan garis kuning akan terhubung saat Anda menggerakkan mouse. Setiap klik lainnya akan menambahkan garis baru ke bidang, tergantung pada alat yang dipilih. Satuan keseluruhan bidang ditentukan dalam kotak dialog Pengukur dan Anda dapat memilih satuan ukuran lainnya untuk bidang yang ada.

Untuk informasi lebih rinci tentang cara memodifikasi bidang, ubah posisi penampil sewaktu mengukur, kemudian gunakan fitur bidang lainnya, lihat tabel fitur.