6.12.08

ArcView 3.3 dan Google Map

Hadirnya Google Earth adalah sesuatu yang fenomenal. Tiba-tiba GIS dan Citra Satelit bukan lagi menjadi sesuatu yang ekslusif bagi GIS / RS Spesialist saja, tapi umum bagi orang (yang punya akses ke Internet). Banyak rumor yang kemudian beredar, mulai dari yang lucu hingga yang memprihatinkan, tapi kini banyak orang yang mulai bisa menyebutkan koordinat rumahnya dengan tepat lewat bantuan Google Earth.

Bagi penggiat GIS / RS, Google juga merupakan suatu akses murah (bahkan gratis) dan cepat terhadap citra satelit, bahkan di banyak kota besar citra resolusi tingginya sudah tersedia. Memang jangan mengharapkan citra yang terkini, tapi cukuplah untuk kebanyakan pekerjaan yang tidak merupakan "mission critical."

Tips kecil di bawah ini bermaksud berbagi cara sederhana untuk mengintegrasikan citra yang didownload dari Google Earth, masuk ke dalam program GIS. Dengan asumsi bahwa program Google Earth sudah terinstal di komputer.

  1. Jalankan program Google Earth, lalu definisikan wilayah yang ingin ditampilkan dengan bantuan tool zoom dan pan. Tunggu hingga Google Earth selesai mendownload data (tandanya laporan streaming di tengah bawah sudah menyebutkan 100%). Lalu simpan citra yang ditampilkan tadi dengan pilihan File / Save Image.
  2. Sebelum menutup Google Earth, bawa cursor ke tengah atas citra, se atas-atasnya yang masih dapat di display koordinatnya oleh Google Earth. Catat nilai lintangnya (N = North). Lalu ke tengah bawah dan lakukan hal yang sama, dilanjutkan ke tengah kiri dan tengah kanan. Untuk kiri dan kanan ini catat saja nilai bujurnya (E = East). Untuk memudahkan, ada baiknya jika terlebih dahulu kita rubah cara Google Earth menyajika koordinat menjadi "degree." Pilihan ini ada di bagian menu Tools / Options pada Tab "View" di radio button kedua dari bawah di sebelah kiri.
  3. Setelah file tersimpan dalam format jpg, kini panggil ArcView 3.x. Pastikan juga extension "Image Conversion - Georeferencing" sudah di simpan pada directory C:\ESRI\AV_GIS30\ARCVIEW\EXT32 Extension ini sendiri bisa di dapat dengan mendownload dari http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=10514 aktifkan extension ini. Maka akan muncul tiga buah tool baru.
  4. Panggil citra *.jpg yang sudah disimpan "Add Theme" lalu rubah jenis datanya menjadi Image Data Source. Pilih citra *.jpg nya. Setelah ditampilkan, citra itu terlihat belum memiliki geografis yang benar. Untuk menuliskan world filenya, satu tool yang tadinya tidak aktif dengan tulisan "WF" kini sudah aktif. Kliklah tool "WF" = World File Creator, lalu isikan koordinat yang sudah kita catat tadi ke dalam empat kotak yang ada. Setelah selesai, klik tombol di tengah, "Draw" dan selesailah sudah. Citra *.jpg tadi kini sudah tergeoreferensi.