6.12.08

Bujur dan lintang di Google Earth

Kadang-kadang kita rada kesulitan nyari lokasi di Google Earth. Maklum service Google Map-nya sendiri, yang menyatukan data-data peta dengan citra satelit, belum nyampe Indonesia. So, standar prosedur kita biasanya adalah: search nama kotanya, cari patokan yang gampang terlihat (Monas atau Istora Senayan misalnya), baru kemudian diurut jalan-jalannya sampai ke lokasi yang dituju (itu juga kalau hafal).

Ada cara yang lebih gampang Coba kita cari Jalan Cendana:

(1) Search “cendana” di http://www.cybermap.co.id/

(2) Perhatikan informasi latitude/longitude di sisi paling atas. Latitude/longitude itu yang dulu kita waktu SD soal bujur-bujuran sekian, lintang utara, lintang selatan… inget ndak? Ya yang gitu-gitu lah. Latitude = lintang, kalo angkanya minus berarti lintang selatan, kalau plus ya lintang utara. Sementara longitude = bujur, tanda minus berarti barat (gampang tho?)

cyb.jpg

(3) So, masukin aja 2 angka itu (pisahin dengan tanda koma) ke Google Earth, seperti ini:

-6.19284, 106.83172

Klik “Enter”, dan wuuusshhhh… satelit mata-mata akan membawa kita ke titik yang dituju. Keren! ;-)

gearth.jpg

Hmm, di Cendana banyak rumah punya kolam renang ya… ;-)

Anyway, untuk di luar Jakarta… sebenarnya sih nggak jarang juga peta-peta jaman sekarang mencantumkan informasi tentang GPS location.

gpslocat.jpg

Kelihatan? Angka itu adalah degree-format, 106 derajat 50 menit 00 detik (sementara contoh kita di atas adalah decimal-formattools konversinya banyak). Yah sebenarnya sama aja, Cendana di atas itu bisa kita tulis gini:

6 11′34”S, 106 49′54”E

Huruf S dan E itu, yes, bisa ditebak: South dan East. Masukkan lagi angka ini ke Google Earth, dan kita akan terbang menuju titik yang sama…